Kamis, 25 Juni 2015

Menetaskan merpati yg masih player bolehkah?

Berbagi Solusi Merpati
BURUNG MASIH TERBANG TELORNYA DITETESKAN
BOLEH NGGA
Sudah sejak lama saya tergelitik dengan pernyataan : "Tidak boleh menetaskan telur merpati yang masih diterbangkan / dilombakan" atau "Dilarang keras menetaskan telur merpati yang masih diterbangkan atau dilombakan !!" dengan alasan prestasi merpatinya akan terus turun / jeblok.
Sebagian besar penggemar merpati balap khusus-nya banyak yang meyakini pernyataan tersebut, namun ada juga yang tidak setuju dengan pernyataan tersebut.
kalau burung tsb masih dilatih/lomba jgn dianakkan/ditetaskan, ini akan mengurangi daya/kekuatan krn diakibatkan naluri burung akan slalu teringat pd anaknya oleh sebab itu untuk rasa bersaing sesama pembalap akan sedikit berkurang/tidak gairah.
Tapi pernah ada kejadian, burung kinerjanya jadi turun ketika mabung, istirahat, telurnya ditetaskan.
Apakah ini cuma kebetulan? Atau memang kualitas burungnya sudah menurun .. Mungkin karena 'kebetulan' anaknya lebih bagus dari bapaknya, maka seakan2 bapaknya kinerjanya turun.
Kasus lain... Leonard berlomba dgn anaknya sendiri : Singa Laga. Kinerja Leonard tidak berubah, malah juara nasional. Berarti mitos ini tidak terbukti
Contoh :
Untuk gampangnya, misalkan kita ingin mencetak burung seperti Leonard, maka cari darah leonard satu seri, misalnya 5 anak Leonard. Dari 5 anak Leonard itulah kita mengawali breeding. Kalau kita mau mencetak burung yang gayanya seperti Leonard, tapi bibitnya gado-gado (campuran berbagai macam trah), maka hasilnya pun akan gado-gado. Memang tidak ada jaminan bahwa kelima anak Leonard itu hasilnya akan bagus semua, tetapi kemungkinan karakter Leonard akan turun ke anaknya, secara teoritis sangat mungkin. Di sini tentu diperlukan keahlian kita untuk menyeleksi, anak Leonard yang feno-type nya mendekati Leonard. Tidak sembarangan anak Leonard.
24 Juni pukul 23:31 · Publik

Sumber solusi merpati

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar