Rabu, 17 Juni 2015

Merpati

...Bicara Merpati...
Pertama kali punya merpati sekitar kelas 5 SD th 92 an..waktu itu merpati kalau tidak salah harganya hanya Rp500 an..walaupun begitu ianya dianggap lumayan mahal suatu ketika dulu..

Merpati adalah jenis burung yang mempunyai daya ingat yang kuat kembali ke kandangnya apabila dilepas dalam jarak jauh...terutama merpati pos pernah saya baca diluar negeri dilepas pada jarak 1000 km,memang luar biasa.

Dan disetengah negara merpati pos sekarang digunakan sebagai ajang lomba terutama di indonesia...Dengan dilepas beberapa ratus kilometer jauhnya merpati dilepaskan bersama sama dan merpati pos yang pulang ke kandang pertamalah yang juara.



Namun begitu menurut saya lomba merpati pos sangat memakan waktu,tenaga,dan biaya yang lumayan banyak.Dan zaman sekarang lomba merpati pos akan diikuti bukan hanya dari wilayah tertentu namun bisa diikuti dari seluruh penjuru indonesia dengan mengantarkan anak merpatinya saat masih berumur antara 30 hari hingga 40 hari.

Hanya di indonesia merpati jarak pendek  di adu kecepatanya yang kemudian identik untuk perjudian namanya merpati tomprang(ada yang menyebut merpati kenthung) karena tanda kemenangan akan ditandai dengan bunyi kenthungan yang terbuat dr kayu.

Ketika ini sesuai perkembangan zaman permainan burung merpati pun semakin banyak pilihan,ada merpati tinggian,merpati kolong,merpati balap

Dan sistem lomba tidak seperti dulu hanya diadu oleh 1 lawan..sekarang.merpati dilombakan dengan hadiah hadiahnya  yang istimewa bahkan sampai hadiah mobil.

Dan harga merpati yang pernah menjuarai perlomba an pun akan meningkat harganya bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar